Jumat, 29 Maret 2013

PEMANFAATAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA


Media pembelajaran merupakan suatu sarana/alat bantu guru untukmenyampaikan pesan ataupun informasi agar dapat diterima dengan baik danmenarik oleh siswa. Pemilihan media pembelajaran yang tepat akan berpengaruhdalam mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran secara lebih optimal.
Di era teknologi informasi ini dan dengan pesatnya perkembangan teknologikomputer saat ini, manfaat komputer telah dirasakan di berbagai sektor kehidupan.Dalam sektor pendidikan misalnya, pemanfaatan komputer sudah berkembangtidak hanya sebagai alat yang hanya dipergunakan untuk urusan keadministrasiansaja, melainkan juga dimungkinkan untuk digunakan sebagai salah satu alternatifdalam pemilihan media pembelajaran. Sebagai contoh, dengan adanya komputermultimedia yang mampu menampilkan gambar maupun teks yang diam danbergerak (animasi) serta bersuara sudah saatnya untuk dapat dijadikan sebagaisalah satu alternatif pilihan media pembelajaran yang efektif. Hal semacam iniperlu ditanggapi secara positif oleh para guru sehingga komputer dapat menjadisalah satu media yang dapat membantu dalam mengoptimalkan pembelajaran.
Salah satu manfaat komputer sebagai media bagi guru adalah sebagai alat bantudalam menyiapkan bahan ajar dan dalam proses pembelajarannya sendiri. Berdasarkan hal tersebut, guru matematika seharusnya mengetahui manfaatkomputer sehingga tergerak untuk menggunakannya sebagai salah satu media pembelajaran. Namun demikian, selama beberapa tahun penulis memfasilitasi kegiatan diklat pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran belum banyak guru yang memanfaatkan/menggunakannya.

Untuk lebih jelasnya silahkan downdload materi pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran di sini

0 komentar:

Posting Komentar